Sintang, 8 September 2022

Kamis, 8 September dari pukul 14.05 sampai 15.10 WIB, para dosen Prodi PPKn bersama dosen dari prodi lain sebagai pengampu Mata Kuliah Wajib Kurikulum (MKWK) mengadakan rapat koordinasi dalam rangka persiapan perkuliahan semester ganjil Tahun Akdemik 2022/2023. Rapat tersebut dilakasnakan di ruang Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Rapat ini diselenggaran di ruangan Program Studi PPKn pada pukul 14.00 WIB. Agenda rapat kali ini berkaitan dengan pengimplementasian program pemerintah, yakni Kampus Merdeka Merdeka Belajar. Implementasi tersebut disatukan dalam Mata Kuliah Wajib Kurikulum, terdiri dari Pendidikan Pancasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama dan Pendidikan Bahasa Indonesia. Hasil akhir dari proses mata kuliah tersebut adalah mahasiswa menghasilkan produk berupa artikel ilmiah, konstruksi jalan, membantu masyarakat membuat bank sampah dan kampun moral.

Project tersebut di mulai dari semester satu sampai semester tiga, sesuai dengan jadwal perkuliahan. Artinya, di Prodi PPKn, semester satu, mahasiswa memperoleh matakuliah Pendidikan Pancasila, semester dua mahasiswa belajar matakuliah agama dan semester tiga, mereka memperoleh matakuliah PKn dan Bahasa Indonesia. Pada matakuliah Pendidikan Pancasila, setelah Ujian Tengah Semester mahasiswa diberikan tema tertentu yang harus dilakukan sampai pelaksanaan Ujian Akhir Semester. Kegiatan tersebut terus dilanjutkan sampai di semester tiga, yakni dalam mata kuliah PKn dan Bahasa Indonesia.

Rapat kali ini, dihadiri oleh dosen Program Studi PPKn, Ibu Fusnika, M.Pd, Bapak Juri, M.Pd, Ibu Mardawani, M.Pd, Bapak Dr. Sapto Purnomo, M.Pd dan Bapak Suparno, M.Pd. Selain itu, hadir pula dosen dari program studi lain, namun semester ganjil ini mengajar di Prodi PPKn, yakni Bapak Ahmad Hasan, SIP, M.Pd, Ibu Debora Korinig Tyas, M.Pd, Ibu Agusta Kurniati, dan Ibu Liroy Ubik, ST, M.Th.

Rapat ini di buka oleh Ibu Fusnika, M.Pd, selaku Ketua Program Studi PPKn. Dalam pengarahannya, Ibu Kaprodi menyampaikan bahwa Prodi PPKn akan memulai Project Citizen sesuai arahan pemerintah pusat. Setelah Ibu Kaprodi menyampaikan pengarahannya, kemudian dilanjutkan Ibu Mardawani, M.Pd. beliau menyampaikan bahwa maksud dan tujuan pemerintah melaksanakan Project Citizen supaya mahasiswa tidak hanya memperoleh teori, melainkan praktik langsung dilapangan. Dan hasil akhir rapat, seluruh peserta yang hadir sepakat untuk melaksanakan project citizen tersebut dengan baik dan maksimal.

Salam Pancasila…

#Prodi_PPKn

#HMPSPPKn

#Smart&GoodCitizenship

#SalamPancasila

By ppkn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *