Sintang, 29 Januari 2024

Diinisiasi oleh Dosen-Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6 Program Studi yang terdiri dari Prodi PPKn, PGSD, Pendidikan Biologi, Pendidikan Komputer, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Ekonomi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, mengimplementasikan pembelajaran Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum (MKWK) Pendidikan Tinggi Berbasis Proyek, sebagaimana yang diamanatkan melalui Keputusan Dirjen Dikti Nomor: 84/E/KPT/2020. Kegiatan MKWK kali ini mengambil tema “Pendidikan Karakter melalui Project MKWK STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Tahun 2023  Kolaborasi Prodi PPKN-PGSD-Komputer-Matematika-Biologi-Ekonomi ” dengan jumlah mahasiswa 235 dan 6 Dosen Pendamping : Mardawani, M. Pd; Fusnika, M. Pd, Suparno, M. Pd; Agnesia Hartini, SH.,LL.M; Dr. Sapto Purnomo, M. Pd; dan Juri, M. Pd. Dengan Sub tema kegiatan sebagai berikut:

  1. Urgensi Penanggulangan Sampah Dengan Sikap Apatis Buang Sampah Tidak Pada Tempatnya Di Kota Sintang. Lembaga kerja sama : Dinas Lingkungan Hidup. Tempat TPS-TPS Ilegal Di Kota Sintang.
  2. Generasi Emas Promotor Bebas Narkoba Sintang SAKTI. Lembaga kerja sama: Badan Narkotika Nasional Kabupatan Sintang. Dilaksanakan di kampus STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, beberapa SMP dan SMA Kabupaten Sintang
  3. Pendidikan Karakter “sinkronisasi pendidikan karakter dan  toleransi masyarakat di desa Ransi Dakan”

Adapun tema kegiatan yang dilaksanakan Pelaksanaan Proyek Model Pembelajaran Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum (MKWK) Pendidikan Tinggi Berbasis Proyek di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang tahun 2023/2024 tersebut di atas mengintegrasikan capaian pembelajaran mata kuliah MKWK. Kegiatan proyek bekerja sama dengan mitra yaitu Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, BNN Kabupaten Sintang dan Kecamatan Sungai Tebelian (Desa Ransi Dakan). Dalam pelaksanaanya mahasiswa menyiapakan proposal kegiatan, observasi lapangan, menjalin kemitraan dengan pihak-pihak terkait, melaksanakan dilapangan, menyusun laporan, menyusun artikel dan presentasi hasil yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2024 dihadapan Pimpinan, dosen, lembaga mitra dan para tamu undangan.

Presentasi ini adalah  bagian penutup dari rangkaian kegiatan yang dikonversikan sebagai penilaian Ujian Akhir Semester (UAS), mahasiswa dinilai dari beberapa item seperti kekompakan tim, keaktifan dan partisipasi, ketercapaian tujuan project, kemampuan presentasi, artikel, kelengkapan dokumen foto dan video, serta argumentasi yang disampaikan dalam menjawab pertanyaan yang berasal dari Pimpinan, lembaga mitra, tamu undangan dan peserta dari kelompok lain.

Pada kesempatan ini, dalam sambutanya Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Bapak Didin Safruddin, S.P., M. Si, memberikan apresiasi atas keterlaksanaan kegiatan dan menekankan pada pentingnya MKWK berbasis Project Kolaborasi ditengah masyarakat yang mengedepankan nilai moral, karakter serta kepedulian terhadap lingkungan.

Sementara perwakilan dosen MKWK, dalam kata penutup kegiatan menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan, lembaga mitra, tim dosen dan mahasiswa serta berharap ada support dari berbagai pihak kedepan sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan baik. Sekaligus menekankan bahwa pendidikan karakter harus dilaksanakan terus menerus oleh semua pihak Karakter yang baik tidak terbentuk dalam seminggu atau sebulan. Itu dibuat sedikit demi sedikit, hari demi hari. Diperlukan upaya yang berlarut-larut dan sabar untuk mengembangkan karakter yang baik.

Salam Pancasila….

#Prodi_PPKn

#HMPSPPKn

#Smatr&GoodCitizenship

#SalamPancasila

By ppkn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *