Sintang, 11 Juni 2022

Pada hari ini, Sabtu, tanggal 11 Juni 2022 Progam Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persada Khatulistiwa melaksanakan kegiatan Sharing Bareng Alumni Prodi PPKn. Kegiatan Sharing Bersama Alumni ini dilaksanakan dari jam 8.30 sampai 11.30 WIB, di gedung C ruangan C101-C103 kampus STKIP Persada Khatulistiwa. Adapun tema yang diambil pada kegitan ini adalah “Membentuk Generasi Milenial Sebagai Calon Pemimpin Berkarakter Pancasila dan Berintegritas Tinggi”.  Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada Mahasiswa/I sebagai generasi milenial agar dapat menjadi pemimpin yang berkarakter Pancasila dan berintegritas tinggi serta mempererat rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan kerja sama yang baik antar sesama Mahasiswa/I terutama bagi Mahasiswa/I Prodi PPKn semester II, IV, VI dan VIII, dan semester II dan IV yang akan meneruskan kepengurusan HMPS PPKn pada periode 2022/2023 juga semester VI yang sebentar lagi akan mengikuti PPL/KKM.

Para peserta kegiatan Sharing Alumni ini adalah mahasiswa aktif dari semester II, IV dan VI. Selain dari pada itu, hadir pula Bapak/Ibu dosen Prodi PPKn. Sharing Alumni kali ini di buka oleh Bapak Juri, M. Pd selaku sekretaris Prodi PPKn. Beliau menggantikan Ketua Prodi yang berhalangan hadir karena pada hari ini Beliau berangkat ke Pontianak untuk selanjutnya menuju Bandung dan Banjarmasin dalam rangka mengikuti kegiatan Seminar Internasional yang dilaksanakan di Universitas Lambung Mangkurat pada 18 sampai 19 Juni mendatang oleh Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (AP3KnI) wilayah Kalimantan.

Saat membuka kegiatan, Bapak Juri, M.Pd menyampaikan bahwa, untuk menjadi pemimpin berkarakter Pancasila, bukan perkara mudah. Sebab, pemimpin yang baik mesti merangkul berbagai elemen masyarakat yang notabene masyarakat majemuk. Selain daripada itu, sebagai calon pemimpin masa depan yang saat ini sedang menimba ilmu, sebaiknya tidak menunda pekerjaan, mengerjakan sesuatu sepenuh hati (bersungguh-sungguh), sehingga hasilnya pun maksimal.

Dalam kegiatan Sharing Bareng Alumni kali ini mengundang Salim Hidayanto, S.Pd. Beliau merupakan lulusan tercepat Prodi PPKn pada saat pelaksanaan Wisuda bulan Maret yang lalu, dengan lama studi 3 (Tiga) tahun 8 (Delapan) bulan. Untuk diketahui, saat pelaksanaan wisuda tersebut, Prodi PPKn berhasil meraih prestasi sebagai lulusan tercepat, lulusan termuda dan lulusan dengan Indek Prestasi Kumulatif tertinggi dari semua Prodi yang terdapat di Kampus STKIP Persada Khatulistiwa.

Saat menyampaikan materi, Salim Hidayanto menyatakan bahwa sebagai alumni dengan predikat lulusan tercepat, Beliau memiliki strategi unik yang kemungkinan tidak dilaksanakan oleh rekan-rekannya yang lain. Strategi unik yang dimaksud, seperti rajin membaca, menulis, rajin kuliah, mengerjakan semua tugas dengan baik dan sebelum mengikuti Program Latihan Profesi (PLP) 2 serta Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM), Beliau telah menyelesaikan proposal Tugas Akhir pada BAB III.

Strategi ini, memberikan gambaran bahwa proses perkuliahan tidak ada yang sulit selagi kita mau berjuang, walaupun melewati berbagai rintangan. Sekaligus menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa/i yang saat ini sedang menempuh pendidikan supaya tidak berlama-lama kuliah, sebab akan menimbulkan kerugian berupa usia, waktu dan biaya.

Salam Pancasila…

#Prodi_PPKn

#HMPSPPKn

#Smart&GoodCitizenship

#SalamPancasila

By ppkn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *