Sintang, 4 Juni 2021

Web Seminar (Webinar) Nasional Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan STKIP Persada Khatulistiwa dengan tema “Mengimplementasikan Nilai-Nilai Luhur  Pancasila Di tengah Pandemi Covid-19” sukses dilaksanakan pada 3 Juni 2021. Tema tersebut dipilih karena dimasa pandemi Covid-19 ini menunjukan bahwa bersatu padu untuk berhadapan  dengan situasi krisis menjadi sangat penting agar negeri ini tetap kokoh. Solidaritas warga di masa pandemi COVID-19 menguat dalam beragam bentuk partisipasi publik untuk membantu tenaga medis maupun warga yang terdampak. Nilai-nilai Pancasila secara aktual di masa pandemi ketika masyarakat secara sukarela bergotong royong untuk meringankan beban saudara-saudaranya yang kesulitan.

Fenomena di atas menggambarkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila terhadap lingkungan semakin luntur dan terkikis terutama di kalangan anak muda. Selain itu, dalam rangka aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pemerintah Indonesia  memandang perlu dilakukan pembinaan ideologi Pancasila terhadap seluruh penyelenggara negara yang terencana, sistematis, dan terpadu.

Dari latarbelakang tersebut, maka Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang bermaksud menyelenggarakan Seminar Nasional memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.

Walaupun dilaksanakan secara virtual, jumlah partisipan yang mengikuti webinar nasional ini cukup banyak dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang sudah memiliki segudang pengalaman pada bidangnya. Narasumber 1 ada Dr. Epin Saepudin, S.Pd., M.Pd yang merupakan Dosen Pancasila dan Kewarganegaraan ITB & Wisesa Utama Dewan Ketahanan Nasional RI, Narasumber 2 ada Dr. Anita Trisiana, S.Pd., M.H yang merupakan Dosen PPKn & Ketua LPPM Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dan Narasumber 3 Bu Mardawani, M.Pd yang merupakan Dosen PPKn STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Seminar nasional ini bermaksud untuk menghasilkan berbagai pemikiran inovatif terkait dengan permasalahaan yang menjadi tema. Salah satu tujuan yang ingin dicapai dalam webinar nasional ini, yakni Memperkuat nilai-nilai luhur Pancasila pada pemuda khususnya dikalangan akademisi di tengah pandemi covid-19.

Salam Pancasila…

#Prodi_PPKn

#HMPSPPKn

#Smart&GoodCitizenship

#SalamPancasila

By ppkn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *